Sejarah dan Fakta Domain di Dunia

Sederhananya, domain ialah nama dari situs yang terdapat di internet. Sebelum anda mengatur atau mengembangkan website-mu, anda membutuhkan suatu domain murah supaya dapat dicocokkan dengan budget. Domain ibarat panggilan yang menciptakan website-mu mempunyai identitas, laksana nama untuk seorang insan atau perusahaan.

Secara teknis, domain adalahnama menarik yang dipakai untuk mengidentifikasi nama server komputernya laksana web server atau email server di internet. Nama domain bermanfaat untuk memudahkan pemakai internet dalam mengerjakan akses ke server. Di samping itu, nama domain juga dapat dipakai untuk menilik nama server yang dikunjungi tanpa mesti menghafal barisan angka yang biasa dikenal sebagai alamat IP.

 

Sejarah Domain Dunia

Sebelum membicarakan mengenai kenyataan domain, usahakan kita memahami terlebih dahulu tentang sejarah adanya domain di Dunia. Berikut Sejarahnya dari Awal sampai sekarang ini:

 

1985

Lima belas Maret 1985, muncullah suatu domain mempunyai nama symbolics.com. Nama domain tersebut dipakai oleh perusahaan komputer mempunyai nama Symbolics Inc. dari Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Jadi, berikut perusahaan kesatu di dunia yang mengikutsertakan nama domainnya. Ini ialah domain murah kesatu di dunia. Selama 25 tahun lamanya, empunya domain itu masih sama sampai akhirnya pada 2009 domain symbolics.com dipungut alih oleh pihak lain.

 

1995

Sebelum tahun 1995, seluruh orang beramai-ramai hendak membuat nama domain sendiri yang tercatat secara gratis. Tetapi lantas pada tahun 1995, orang-orang awam tak lagi hendak melakukan urusan ini sebab National Science Foundation telah memutuskan tarif tertentu guna setiap pencatatan domain yang hendak dilakukan. Pada waktu tersebut harganya menjangkau US$100 untuk menggiatkan domain sekitar dua tahun.

 

1998

Pada tahun ini Departemen Perdagangan dari Amerika Serikat menerbitkan proposal privatisasi domain yang sekarang dikenal dengan istilah DNS (Domain Name System). Untuk pemerintah Amerika yang mengontrolnya, urusan ini disebutkan baik sebab mereka memandangnya bisa meningkatkan persaingan pasar.

Tetapi keputusan itu diprotes oleh semua aktivis internet yang kesudahannya meminta dibuatnya ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai pengganti pemerintah AS soal penataan internet yang ada.

 

2003

Beberapa nama domain penipu menunjukkan pengunjung internet ke website porno yang tak cocok dengan nama domainnya. Akibat banyaknya penipuan nama domain murah yang terjadi di AS, kesudahannya UU perlindungan nama domain diluncurkan. UU yang diberlakukan ini dimanfaatkan pula guna menghukum pembuat domain tipuan tersebut.

 

2017

Seiring berjalannya waktu, pemakaian domain murah terus meningkat sampai pada kuartal ketiga tahun 2019 lalu, nilai ini menjangkau angka luar biasa yaitu selama 359,8 juta nama domain.

Rincian menyeluruh soal jenis ekstensi apa saja yang meningkat dan sebagainya Selain mengemukakan hasil pemakaian domain, tulisan pada link itu juga dimodernisasi setiap tiga bulan sekali.
Jenis-Jenis Ekstensi Domain

Secara umum, jenis domain terbagi menjadi dua yakni generic Top-Level Domains (gTLD) dan country-code Top-Level Domain (ccTLD). Berikut keterangan lengkapnya:

 

Generic Top-Level Domain (gTLD)

Generic Top-Level Domain ialah nama domain yang berakhiran dengan .com, .net, .org, .edu, atau .gov. Jenis domain ini pun kerap kali dinamakan sebagai Top-Level Domain (TLD) yakni domain yang posisinya langsung di bawah root (titik di belakang nama domainnya). Jenis domain ini tidak diutamakan untuk negara tertentu sampai-sampai siapa pun bisa mendaftarkannya.

Berikut ialah contoh-contoh ekstensi nama domain pada jenis gLTD beserta pemakaiannya:

.com: biasa digunakan untuk kebutuhan komersial atau perusahaan
.biz: biasa digunakan untuk kebutuhan bisnis
.edu: biasa digunakan untuk kebutuhan pendidikan
.name: biasa digunakan untuk kebutuhan web pribadi
.net: biasa digunakan oleh situs yang membicarakan tentang internet
.org: biasa digunakan oleh situs organisasi
.xyz: biasa digunakan sesuai kebutuhan kamu
Country-code Top-Level Domain (ccTLD)
Jenis domain yang satu ini adalahnama domain yang dicocokkan dengan negara asal domain. Domain satu ini dioperasikan dan didaftarkan pada setiap negara dan pada sejumlah domain memiliki tambahan “.co” sebelum ccTLD.

Contohnya, andai sebuah website memiliki domain namawebsitemu.com, maka dalam format ccTLD-nya bakal menjadi namawebsitemu.co.id (akhiran “.id” ialah country-code domain di Indonesia, sama laksana “.uk” di Inggris atau “.au” di Australia).

Berikut ialah contoh-contoh ekstensi nama domain pada jenis ccTLD beserta pemakaiannya:

.ac.id : digunakan untuk perguruan tinggi di Indonesia
.co.id : digunakan untuk organisasi komersial di Indonesia
.or.id : digunakan untuk organisasi di Indonesia
.net.id : digunakan untuk organisasi pemegang izin pelaksana jasa telekomunikasi
.go.id : khusus guna instansi pemerintahan yang terdapat di Indonesia
Masa Aktif Domain
Pernahkah anda mengalami kejadian saat alamat situs yang biasa anda kunjungi tiba-tiba menghilang atau berubah sama sekali tampilannya dari yang biasa anda kenali? Mungkin masalahnya terletak pada masa aktif domain situs yang telah berakhir.

Kalau anda mengelola website-mu sendiri, urgen bagimu untuk menilik kapan masa berlaku hosting dan domainmu berakhir. tiga jenis masa tenggang yang ada berhubungan masa aktif domainmu:

 

Renewal Hold

Jangka waktunya selama 0 sampai 40 hari. Pada periode ini kedudukan website-mu masih belum bisa dipastikan. Ini adalahperingatan waktu bakal berakhirnya masa berlaku domain milikmu.

 

Redemption Period

Jangka waktu selama 40 sampai 70 hari. Pada periode ini kamu dapat memperpanjang masa aktif domainmu dengan tarif normal atau tak terlampau mahal.

Masa ini berlaku 40 hari sesudah domainmu kedaluwarsa. Pada masa ini pun seluruh urusan yang berhubungan dengan domainmu laksana email, FTP, dan lainnya bukan lagi bersangkutan sampai-sampai halamannya bakal diganti dengan halaman beda yang tidak relevan.

 

Pending Deletion

Jangka waktu guna memproses perpanjangan domain ini berlaku sekitar 3 sampai 5 hari kerja semenjak masa tenggang Redemption Period berakhir. Biaya yang dikenakan guna menebus domain ialah sebesar 10 kali dari harga normalnya. Lebih baik menangkal daripada mengobati, ‘kan?

 

Penyebab Domain Tidak Aktif

Ada tidak sedikit faktor yang mengakibatkan sebuah domain bukan lagi aktif, tidak melulu masa berlakunya yang kedaluwarsa. Kalau begitu, apa sajakah hal lainnya? Berikut ini rinciannya:

Pihak yang membantumu mengerjakan perpanjangan domain gagal mengemban tugasnya.
Domainmu dipungut alih oleh penjahat cyber dan diciptakan menjadi kedaluwarsa.
Pihak yang jadi lokasi perpanjangan domain menutup akses kepemilikan domain.
Nama domain sedang dalam sengketa kesudahannya dimenangkan pihak kedua.
Kamu sebagai empunya domain memang tak hendak melanjutkan aktivasi domainmu.